Lihat Semua : motion_grafis

Lima Program Kerja dalam Restorasi Gambut


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 1.680

Indonesiabaik.id - Dalam menyelenggarakan upaya memulihkan fungsi ekosistem gambut untuk mencegah berulangnya kebakaran hutan dan lahan serta dampak asap, BRG mempunyai tugas memfasilitasi dan mengkoordinasi restorasi ekosistem gambut seluas 2 (dua) juta hektar.

Selain itu, ada 5 program kerja dalam restorasi gambut. Pertama, yaitu Restorasi Gambut sebagai upaya pemulihan ekosistem gambut terdegradasi agar kondisi hidrologis, struktur dan fungsinya berada pada kondisi pulih. Untuk itu dilakukan pembasahan kembali (rewetting) material gambut yang mengering akibat turunnya muka air tanah gambut.

Kedua, revegetasi adalah upaya pemulihan tutupan lahan pada ekosistem gambut melalui penanaman jenis tanaman asli pada fungsi lindung atau dengan jenis tanaman lain yang adaptif terhadap lahan basah dan memiliki nilai ekonomi pada fungsi budidaya. Ketiga, revitalisasi sumber-sumber mata pencaharian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di dalam dan sekitar areal restorasi gambut.

Selanjutnya, Desa Peduli Gambut adalah kerangka penyelaras untuk program-program pembangunan yang ada di perdesaan gambut, khususnya di dalam dan sekitar areal restorasi gambut. Pendekatan yang digunakan adalah merajut kerjasama antar desa yang ada dalam satu bentang alam Kesatuan Hidrologis Gambut.

Terakhir, Generasi Muda Peduli Desa Gambut Sejahtera (GMPDGS) adalah kegiatan pelibatan generasi muda untuk menguatkan masyarakat desa gambut dan melakukan kegiatan yang mendukung aksi restorasi gambut. Program ini bertemakan penguatan partisipasi generasi muda berbasis riset dalam menyukseskan restorasi gambut. Program GMPDGS diselengarakan bekerja sama dengan 11 universitas.



Motion Grafis Terkait