Lihat Semua : motion_grafis

Kebebasan Pers Indonesia


Dipublikasikan pada 6 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Mohammad Iqbal Romadhoni / Desain : Vadhia Lidyana /   View : 1.442

Indonesiabaik.idLembaga pers sebagai penyedia informasi masyarakat memiliki peran penting dalam kontribusinya. Masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi penting yang berpengaruh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui informasi yang disajikan oleh pers.

Pers dapat bekerja dengan baik apabila memiliki kebebasan dalam prosesnya menciptakan informasi untuk masyarakat. Kebebasan secara nyata, yaitu bebas dalam mencari narasumber, mewawancarai narasumber, memperoleh data, dan lain-lain.

Tentunya, dalam kebebasan yang diraih oleh pers tidak berarti kebebasan yang sewenang-wenang. Pers dengan Kode Etik Jurnalistiknya memiliki batasan-batasan yang tak boleh dilanggar.

Dalam 5 tahun terakhir ini, skor kebebasan pers Indonesia di ruang lingkup ASEAN terus membaik. Pada tahun 2017 ini, Indonesia meraih skor dengan pers yang paling bebas dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Dengan skor-skor tersebut, diharapkan pers Indonesia dapat menciptakan berita yang berkualitas dan sesuai dengan fakta.



Motion Grafis Terkait