Koalisi Pejalan Kaki

Koalisi Pejalan Kaki

Informasi Komunitasku
Nama Komunitas : Koalisi Pejalan Kaki
Deskripsi Komunitas :

Saya dan tim, saya (pengajar di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta) bersama rekan saya, Mas Alfred Sitorus (ketua Koalisi Pejalan Kaki), Mas Jalal (aktivis lingkungan dan pakar keberlanjutan), serta Gifttra Pratama (pengembang perangkat lunak di salah satu perusahaan swasta di Jakarta), menghasilkan sebuah aplikasi yang bertajuk Koalisi Pejalan Kaki, aplikasi buatan Indonesia yang ditujukan untuk membela hak-hak pejalan kaki dengan cara memberikan portal untuk melaporkan segala pelanggaran yang terjadi. Adapun saat ini pelanggaran yang terjadi masih kami kategorikan ke dalam beberapa kategori, yaitu trotoar, jembatan penyeberangan orang, zebra cross, dan pelican crossing. Masing-masing kategori pun memiliki sub kategorinya masing-masing.  

Seluruh laporan ini dapat dilihat melalui aplikasi dalam bentuk daftar laporan yang dapat menunjukkan gambar laporan, pelapor, tanggal laporan, kategori dan sub kategori laporan, serta lokasi laporan. 

Kami menyadari bahwa pelaporan pelanggaran saja hanya akan membuat para pedestrian pengguna aplikasi hanya terkesan nyiyir, oleh karena itu kami juga menyediakan fitur inspirasi, dimana fitur ini berguna untuk melaporkan tampilan-tampilan fasilitas pedestrian yang telah dibuat dan digunakan dengan baik, misalnya trotoar yang rata, dan sebagainya. Kami berharap dengan adanya fitur ini, kami dapat meyakinkan bahwa masih ada pihak yang peduli akan keselamatan dan hak pejalan kaki, walaupun jumlahnya masih belum sebanyak itu.      

fitur terakhir yang kami tawarkan adalah fitur pemetaan fasilitas, dimana para pengguna juga dapat membantu para pejalan kaki lainnya yang membutuhkan fasilitas seperti air minum gratis (tap water) dan juga parkir sepeda. Kami berharap fitur ini juga dapat membantu Pemprov untuk memetakan fasilitas publik yang ditujukan bagi para pejalan kaki.

Saat ini kami telah memiliki sebuah situs web sendiri yang beralamatkan di https://koalisipejalankaki.id. Sejauh ini, isi konten di dalamnya masih bersifat berita-berita mengenai pejalan kaki, baik itu pelanggaran maupun beberapa kejadian penting. Di dalam situs web ini pula kami menuliskan mengenai aplikasi yang kami buat.

Untuk mempermudah publik melihat laporan yang diberikan melalui aplikasi, kami juga memiliki situs web yang beralamat dihttps://tracking.koalisipejalankaki.id/ yang dapat diakses secara gratis dan dapat menunjukkan koordinat akurat mengenai 75 laporan terakhir yang dilaporkan oleh pengguna aplikasi. Kami harap situs ini dapat memberikan teguran ringan kepada pemerintah setempat bahwa masih banyak pelanggaran hak pejalan kaki yang dilanggar dan bagaimana mereka harus secara responsif menanganinya.

 

Aplikasi Koalisi Pejalan Kaki dapat diunduh melalui Google Play Store melalui tautan berikut dan bersifat gratis (tanpa iklan sama sekali):https://play.google.com/store/apps/details?id=org.nativescript.KoPKapp

 

Berikut adalah beberapa publikasi mengenai aplikasi (versi pertama) yang kami buat: 

https://www.antaranews.com/berita/728499/aplikasi-koalisi-pejalan-kaki-bela-hak-pejalan-kaki

https://koalisipejalankaki.id/koalisi-pejalan-kaki-di-google-play-store/

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/22/16455131/temukan-kerusakan-jalan-silakan-lapor-melalui-aplikasi-ini

https://news.detik.com/berita/d-4296352/kampanye-hak-pejalan-kaki-pria-ini-rebahan-di-trotoar-usir-bajaj/komentar

http://nextren.grid.id/read/01901094/koalisi-pejalan-kaki-aplikasi-keren-yang-berpihak-pada-pedestrian?page=all

 

berikut adalah publikasi mengenai sisi teknis dari aplikasi yang ditulis oleh saya sendiri: https://medium.com/@vincrichard/learn-once-write-anywhere-vs-write-once-run-anywhere-and-why-i-choose-nativescript-over-4db6f552cb46

 

kami adalah para orang yang peduli dengan hak pejalan kaki yang selama ini bekerja secara non profit. Seluruh biaya yang kami keluarkan untuk mengembangkan aplikasi, biaya pemeliharaan, biaya situs, biaya server, dan lainnya merupakan biaya yang kami bayarkan sendiri :] kami percaya bahwa pengorbanan perlu dilakukan untuk penegakan hak pejalan kaki, karena semua orang adalah pejalan kaki :)

 

Kami sangat berharap dapat tercipta kerja sama yang terjadi antara tim Indonesia Baik dengan tim Koalisi Pejalan Kaki dan kami terbuka untuk mendiskusikan hal ini lebih lanjut, demi Indonesia yang lebih baik ??

Bila ada informasi atau pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi saya melalui surel ini (vincrichard@live.com), melalui WhatsApp di 0897.8320.371, atau melalui Instagram saya (https://www.instagram.com/richardvinc.png)

salam,

 

Richard Vinc

Bentuk Kegiatan : Tamasya Trotoar
Sasaran Kegiatan : Seluruh pejalan kaki
Akun Medsos : IG: koalisipejalankaki & Twitter: trotoarian
Email : gifttra@hotmail.com
Website : www.koalisipejalankaki.idq