Lihat Semua : infografis

Triwulan III 2023, Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh Positif


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 2.578


Indonesiabaik.id - Badan Pusat Statistik (BPS) kembali merilis laporan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara kuartalan. BPS mencatat pada kuartal III-2023 ekonomi Indonesia tumbuh 4,94% secara year on year (yoy) atau dibandingkan dengan kuartal III-2022.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2023 di bawah 5%. Secara tahunan atau year on year (yoy), pertumbuhan ekonomi pada periode itu tumbuh 4,94%, meskipun turun, ekonomi Indonesia masih tetap tumbuh positif.

Jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (quarter to quarter/qtq) perekonomian Indonesia tumbuh 1,60 persen pada kuartal III-2023. Angka pertumbuhan ini lebih rendah dari kuartal sebelumnya sebesar 3,86 persen dan secara kumulatif atau ctc tumbuh 5,05%.

Secara spasial, perekonomian Indonesia pada triwulan III-2023 di hampir seluruh provinsi mengalami pertumbuhan yang melambat (y-on-y), dimana kelompok provinsi di Pulau Jawa menjadi penyumbang perekonomian terbesar dengan kontribusi sebesar 57,12 persen dan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 4,83 persen (y-on-y).



Infografis Terkait