Lihat Semua : infografis

Perhelatan World Water Forum ke-10 yang berlangsung pada 18-25 Mei 2024 mengangkat enam subtema


Dipublikasikan pada 29 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 516


indonesiabaik.id - Perhelatan World Water Forum ke-10 yang berlangsung pada 18-25 Mei 2024 mengangkat enam subtema yang dibahas pada Proses Tematik. 

Pada Proses Tematik, peserta forum akan berbagi praktik dan pengalaman, mengadvokasi tema dan topik tertentu, mengembangkan metode kerja sama dan kemitraan, memengaruhi proses pembuatan kebijakan, dan berkomitmen untuk mengambil tindakan dengan solusi yang disesuaikan dengan tantangan air lokal dan global.

Enam Subtema World Water Forum ke-10

  1. Ketahanan dan Kesejahteraan Air

Membahas pengaruh kuantitas dan kualitas air, salah satunya akibat perubahan iklim terhadap ketahanan pangan, energi, serta ketersediaan air bersih dan sanitasi.

  1. Air untuk Manusia dan AIam

Membahas pengaruh kerusakan ekosistem air terhadap keanekaragaman hayati perairan, serta penghidupan dan kesehatan manusia.

  1. Pengurangan dan Manajemen Risiko Bencana

Membahas peningkatan ketahanan infrastruktur air akibat perubahan iklim yang berdampak secara langsung kepada masyarakat, seperti bencana alam beserta mitigasi permasalahan air.

  1. Tata KeIoIa, Kerja Sama, dan DipIomasi Air

Membahas hubungan internasional yang inklusif untuk mengatasi meningkatnya persaingan akses terhadap sumber daya air, serta meningkatkan pengertian antar pemangku kepentingan untuk pemanfaatan air yang adil dan wajar.

  1. Pembiayaan Air Berkelanjutan

Membahas pembiayaan air yang lebih inovatif, fleksibel, berkelanjutan dan efisien untuk mengatasi berbagai permasalahan air dan potensi risiko bencana hidrometeorologi.

  1. Pengetahuan dan Inovasi

Membahas perkembangan pengetahuan dan inovasi teknologi dalam pengelolaan air, mengintegrasikan kearifan lokal, serta upaya transfer pengetahuan untuk membantu mengatasi tantangan pengelolaan air yang semakin kompleks.

Ingin tahu lebih banyak mengenai penyelenggaraan World Water Forum ke-10? Yuk baca Worldwaterforumpedia yang dapat diakses melalui s.id/worldwaterforumpedia



Infografis Terkait