Lihat Semua : infografis

Pengamanan G20


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 1.819


indonesiabaik.id - Aparat keamanan bersinergi memastikan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali berjalan aman dan kondusif.

Jumlah Angkatan yang Diturunkan

Lima kawasan menjadi prioritas pengamanan selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15–16 November 2022, yakni di Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua Utara, Nusa Dua Selatan, dan Sanur.

Dalam penanganan G20 itu, sebanyak 18.030 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan agar situasi terjamin aman dan kondusif. Personel gabungan berasal dari TNI, Polri serta institusi lainnya. Dari jumlah itu, sekitar 14.300 adalah personel TNI, kemudian personel Polri sekitar 3.200, serta sekitar 492 personel dari institusi lain.

Adapun puluhan ribu personel gabungan itu akan terbagi dalam sejumlah satuan tugas (satgas), meliputi satgas pengamanan VVIP, satgas laut, hingga satgas udara. Adapun pasukan yang bertugas untuk KTT G20 akan berdinas selama 10 hari, mulai 7-17 November 2022

Alutsista TNI Juga Disiapkan

Untuk pengamanan laut, disiapkan sebanyak 12 kapal perang Indonesia (KRI) yang akan disiagakan di sekitar perairan Pulau Bali. Selain pengamanan, belasan kapal itu juga memberikan pendampingan kapal militer dari negara partisipan.

Lanjut, untuk pengamanan udara, disiapkan empat pesawat tempur, terdiri dari 2 pesawat F-16 dan dua pesawat Sukhoi yang masing-masing tipe SU-27 dan SU-30. Lanjut, disiapkan juga 13 heli, masing-masing 6 dari TNI AU, 5 dari TNI AL, serta 2 dari TNI AD.



Infografis Terkait