Lihat Semua : infografis

Pariwisata Indonesia SEMAKIN BAIK


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 914


indonesiabaik.id - Kabar membanggakan datang dari sektor pariwisata nasional. Indonesia catat kenaikan 10 peringkat dalam Travel and Tourism Development Index (TTDI) 2024. 

Sebagai informasi, Travel and Tourism Development Index (TTDI) 2024, laporan oleh World Economic Forum (WEF), memberi gambaran aktual terkait bagaimana capaian pembangunan sektor pariwisata di tiap negara pasca pandemi.

Peringkat Kinerja Pariwisata Indonesia

Dalam TTDI 2024 yang dirilis Selasa (21/5), Indonesia catat kenaikan skor dan berhasil merangsek ke peringkat ke-22 dunia, naik 10 peringkat dari edisi sebelumnya di tahun 2021 dan catat kenaikan total 20 peringkat sejak TTDI 2019.

Menariknya, Indonesia juga sukses menyalip negara-negara maju atau berpenghasilan tinggi seperti Selandia Baru (25), Irlandia (24), hingga Belgia (23).  

Menurut dimensinya, Indonesia memperoleh skor paling tinggi pada dimensi kebijakan dan kondisi pendukung pariwisata, yang meninjau aspek-aspek berupa prioritisasi, keterbukaan, dan daya saing harga.

Pada dimensi penilaian itu, Indonesia mencatat skor tertinggi ke-4 secara global. Skor tinggi juga diperoleh Indonesia pada dimensi keberlanjutan pariwisata, di mana Indonesia menempati posisi ke-7 dari 119 negara. Adapun dimensi keberlanjutan ini dinilai dari 3 pilar utama yakni keberlanjutan lingkungan, dampak sosio-ekonomi, dan keberlanjutan demand atau permintaan.

Sebagai informasi, Travel and Tourism Development Index (TTDI) dirilis oleh World Economic Forum secara berkala setiap dua tahun sekali. Penilaiannya berdasarkan:

  • Kondisi lingkungan (bisnis, keamanan dan kesehatan)

  • Infrastruktur dan layanan

  • Kebijakan terkait pariwisata

  • Sumber daya pariwisata 

  • Keberlanjutan pariwisata



Infografis Terkait