Lihat Semua : infografis

Keamanan Data REGSOSEK Terjaga


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 1.104


indonesiabaik.id - Pemerintah tengah mereformasi sistem perlindungan sosial melalui REGSOSEK (Registrasi Sosial dan Ekonomi).

Seberapa aman data REGSOSEK terjaga?

Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyelenggara Regsosek memastikan, pengelolaan hasil data Regsosek dilakukan dengan prinsip integritas dan interoperabilitas.

Kegiatan Regsosek pun tidak sebatas pendataan, namun merupakan pengelolaan data secara berkelanjutan. Pemutakhiran data Regsosek akan dilakukan secara berkala dan mandiri melalui Monografi Digital Desa/Kelurahan.

Dengan pemanfaatan data oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga tingkat desa/kelurahan, hasil Regsosek diharapkan dapat meningkatkan keefektifan program-program pemerintah.

Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyelenggara Regsosek, menjamin dan menjaga keamanan dan kerahasiaan data penduduk, yang menjadi responden Regsosek. BPS juga berkoordinasi dan bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), untuk menjaga keamanan data BPS.

Pihak internal BPS sebagai pengelola data pun juha dibatasi dalam mengakses data. Sementara prngawasan input data pun dilakukan berjenjang. Dalam hal menjamin keamanan dan kerahasiaan data penduduk, seluruh petugas lapangan telah melalui pelatihan untuk menjaga integritas BPS.



Infografis Terkait