Lihat Semua : infografis

CEK Penerima Bansos Pangan, Termasuk Gak Ya?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 450.248


Indonesiabaik.id - Bukan hanya memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah di saat bersamaan juga menambahkan anggaran bantuan sosial (bansos) Rp8,2 triliun buat masyarakat tidak mampu berupa beras, telur dan ayam.

Besar Bantuan Sosial Pangan

Bantuan beras akan diberikan 10 kg kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama tiga bulan yakni Maret, April, dan Mei. Kriteria penerimanya merupakan keluarga yang masuk daftar program keluarga harapan (PKH) dan penerima bantuan pangan non tunai.

Sementara bantuan pangan berupa telur dan daging ayam gratis penyalurannya baru akan dilakukan April 2023. Bantuan ini diberikan kepada 1,4 juta KPM. Nantinya, jumlah volume yang diberikan per bulan per keluarga penerima manfaat adalah 10 kilogram beras. Kemudian, daging ayam 1 kilogram, dan telur ayam 1 pak.

Penerima dan Cek Bantuan Sosial Pangan

Kendati demikian, tidak semua bisa mendapatkan bansos pangan. Soalnya, bansos pangan hanya diberikan kepada empat golongan keluarga penerima manfaat (KPM) yang berasal Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Empat golongan penerima bansos pangan itu adalah KPM program keluarga harapan PKH, KPM bantuan pangan nontunai BPNT, KPM penerima PKH plus BPNT, dan KPM balita atau anak yang berisiko stunting yang datanya bersumber dari BKKBN.

Karena itu, penting bagi masyarakat untuk memastikan apakah terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id. Langkah dan alur pengecekan sebagai berikut:

  1. Buka laman website cekbansos.kemensos.go.id
  2. Ketika sudah berada laman cekbansos.kemensos.go.id, maka masukan wilayah penerima manfaat berupa; provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa. Mengisi data wilayah penerima manfaat;
  3. Masukan nama penerima manfaat harus sesuai dengan data yang tertera di e-KTP atau Dukcapil;
  4. Ketik huruf kode chapta;
  5. Setelah itu tinggal klik 'Cari Data';
  6. Selanjutnya sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama Penerima Manfaat jika data tersebut terdaftar sebagai penerima bansos.


Infografis Terkait