Lihat Semua : infografis

Bantuan Sosial di Tahun 2024


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 49.852


Indonesiabaik.id - Pemberian bansos untuk masyarakat kurang mampu dilakukan sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Tujuan pemberian bansos untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sesuai dengan janji pemerintah, beberapa bansos akan cair di tahun 2024 untuk keluarga penerima manfaat (KPM), yakni bansos Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan pangan nontunai (BPNT), bansos beras 10 kg setiap bulan dan BLT mitigasi risiko pangan.

Bantuan Sosial di Tahun 2024

  1. Program Keluarga Harapan (PKH)  

PKH merupakan bantuan tahunan yang diberikan oleh Pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Di Februari dilakukan penyaluran tahap pertama untuk  triwulan I (3 bulan).

PKH diberikan untuk membantu masyarakat tidak mampu khususnya dalam aspek kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan. Besarannya yaitu PKH kepada ibu hamil dan anak balita sebesar Rp3 juta per tahun.

Untuk pendidikan, pemerintah memberikan anak-anak SD bantuan sebesar Rp900 ribu per tahun, anak SMP Rp1,5 juta per tahun, dan anak SMA Rp2 juta per tahun. Sementara, untuk kesejahteraan, keluarga yang memiliki anggota berusia di atas 60 tahun dan penyandang disabilitas akan menerima Rp2,4 juta per tahun.

  1. Bantuan Pangan Non Tunai 

Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT)/Kartu Sembako juga diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berdasarkan DTKS.  Penyaluran Kartu Sembako di Februari untuk periode Bulan Januari dan Februari (2 bulan). 

Meskipun namanya BPNT, masyarakat tetap mendapatkan dalam bentuk uang. Jumlah yang diterima sebesar Rp200.000 per bulan dan dibagikan dua bulan sekali sehingga dalam satu tahun ada 6 tahap penyaluran dan KPM akan menerima Rp400.000 dalam sekali pencairan

  1. Bantuan Pangan Beras

Bantuan Pangan Beras sebesar 10kg/KPM dengan kualitas beras CBP medium. Program Bantuan Pangan Beras diharapkan mampu menjaga stabilitas pangan dan menekan inflasi.  Penerima manfaat Bantuan Pangan Beras diambil menggunakan data P3KE dan penyaluran untuk 3 bulan pertama.

  1. BLT Mitigasi Risiko Pangan

Setelah BLT Elnino selesai di tahun 2023, untuk memitigasi risiko kenaikan harga pangan sebagai dampak ketidakpastian global, maka dilaksanakan BLT Lanjutan penebalan Kartu Sembako/BLT Mitigasi Risiko Pangan. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sama dengan penerima BPNT/Kartu Sembako. Penyaluran di Bulan Februari untuk tahap I (3 bulan).

Cek Penerima Bansos

Pencairan bansos reguler pemerintah ini dipastikan di awal Februari 2024. Masyarakat bisa mencari tahu apakah dirinya terdaftar sebagai penerima bansos. Berikut adalah cara mengecek penerima bansos 2024 secara online, melalui link resmi Kemensos:

  1. Akses link cekbansos.kemensos.go.id melalui Google.

  2. Isilah kolom-kolom sesuai data yang diminta:

Kolom wilayah penerima (provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan).



Infografis Terkait