Lihat Semua : infografis

10 Universitas Tertua di Indonesia


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 5.575


Indonesiabaik.id - Perguruan tinggi di Indonesia telah ada sejak zaman kolonialisme, bahkan kampus tersebut menjadi salah satu bentuk politik etis pemerintah Belanda kepada kaum pribumi pada kala itu.

Sejarah mencatat pendidikan tinggi di Indonesia sudah ada sejak 1849. Namun, dulunya sekolah tersebut belum seperti saat ini yang memiliki banyak fakultas dan program studi.

10 Universitas Tertua di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Dikutip dari laman resmi kampus, UI telah dibangun sejak tahun 1849. Awalnya, UI memiliki nama Dokter-Djawa School dan berubah menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen atau STOVIA pada tahun 1898.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Perguruan Tinggi tertua kedua di Indonesia yaitu ITB. Berdiri sejak 3 Juli 1920, ITB dibangun oleh pemerintah Belanda dengan nama de Technische Hogeschool te Bandung (TH). Lalu pada 2 Maret 1959, barulah pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya ITB.

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII berdiri pada 27 Rajab 1364 H atau 8 Juli 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) di Jakarta. STI lahir untuk membuktikan adanya kesadaran pada masyarakat Indonesia terkait pendidikan.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM diresmikan oleh pemerintah RI di Yogyakarta pada 19 Desember 1949. Saat itu, UGM memiliki fakultas kedokteran, hukum, teknik, pertanian, kedokteran hewan, serta sastra dan filsafat.

5. Universitas Nasional (Unas)

Unas dalam situsnya menyebut diri sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) paling tua di Jakarta dan kedua tertua di Indonesia. Kampus ini didirikan pada 15 Oktober 1949 atas prakarsa para tokoh dalam 15 Oktober 1949.

6. Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)

Dikutip dari situs resmi kampus, UISU menjadi perguruan tinggi Islam yang paling tua di luar pulau Jawa. Kampus ini berdiri pada 7 Januari 1951 yang dipelopori sejumlah pemuda Islam.

7. Universitas Kristen Indonesia (UKI)

UKI berdiri pada 15 Oktober 1953, setelah Yayasan Universitas Kristen Indonesia diresmikan di depan notaris pada 18 Juli 1953. Yayasan tersebut didirikan para tokoh yang tergabung dalam Dewan Gereja Indonesia (DGI).

8. Universitas Airlangga (Unair)

Unair diresmikan Presiden pertama RI Ir Soekarno pada 10 November 1954 dan secara legal ditetapkan dalam PP nomor 57/1954.

9. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas Hasanuddin berdiri pada 1956 dengan nama yang terinspirasi dari pahlawan asal Sulawesi. Perjalannya dimulai pada 1947 melalui pendirian Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Jakarta

10. Insititut Teknologi Sepuluh Nopember

Gagasan pendirian Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dicetuskan oleh Ir. Soendjasmono (wakil PII Jawa Timur) pada 1954. Ide untuk mendirikan perguruan teknik di Jawa Timur disampaikan pada KONFERENSI PII di Bogor.



Infografis Terkait