Lihat Semua : videografis

Kesehatan Nasional jadi Prioritas Diplomasi Indonesia

Dipublikasikan pada 8 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 128

Indonesiabaik.id - Kemandirian dan ketahanan kesehatan nasional akan jadi prioritas diplomasi Indonesia pada 2021.

Hal itu disampaikan dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (6/1).

Prioritas Kesehatan Nasional

Salah satu dalam hal kesehatan yang diutamakan yakni realisasi komitmen vaksin baik melalui kerja sama bilateral maupun multilateral.

Selama 2020, Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa negara dalam pengadaan vaksin COVID-19, yaitu China dan Inggris. Di jalur multilateral, Indonesia aktif mengamankan potensi perolehan vaksin untuk 20 persen penduduk melalui mekanisme kemitraan global COVAX yang didukung WHO, GAVI, dan CEPI.

Kerja sama internasional juga ditujukan untuk membangun industri kesehatan nasional, industri bahan baku obat, farmasi, dan alat kesehatan.

Melalui diplomasi, sejumlah perusahaan Indonesia berhasil memperoleh sertifikasi ISO 16603 dan ISO 16604 untuk bahan alat pelindung diri (APD), agar ke depannya Indonesia dapat menjadi salah satu pemasok APD dunia. Tidak lupa, prioritas kerja sama juga berlaku untuk pengembangan riset dan kesiapsiagaan hadapi pandemi.



Videografis Terkait