Lihat Semua : videografis

Jamin Ketersediaan Vaksin untuk Indonesia

Dipublikasikan pada 5 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 138

Indonesiabaik.id - Bergabung dalam GAVI COVAX Facility merupakan salah satu upaya Indonesia dalam menjamin ketersediaan vaksin bagi Indonesia.

Permintaan Vaksin COVAX Facility

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Keuangan Sri Mulyani hari ini telah menandatangani formulir permintaan vaksin bagian B (Vaccine Request Form Part B) untuk melengkapi formulir permintaan COVAX Facility.

Indonesia perlu menandatangani COVAX Vaccine Request Form yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu Part A dan Part B. Untuk Part A berisi hal-hal teknis terkait dengan info umum, rencana target vaksinasi, cost sharing, karakter vaksin, peraturan tentang safety and preparedness, serta kapasitas dan logistik rantai dingin telah lebih dulu ditandatangani oleh Menteri Kesehatan RI pada 7 Desember 2020.

Indonesia Negara AMC92 (Advance Market Commitment)

Indonesia menjadi salah satu negara AMC92 (Advance Market Commitment) dalam COVAX Facility yang berkesempatan untuk mendapatkan vaksin dengan subsidi penuh (gratis) untuk memenuhi kebutuhan vaksin bagi 20% dari total populasi. Jika dihitung dari populasi Indonesia yaitu sekitar 54 juta orang.

Pengiriman Vaksin COVAX Facility

Adapun pengiriman vaksin COVAX Facility akan dilakukan secara bertahap yaitu 3% pada kuartal pertama tahun 2021 dan secara proporsional kepada negara AMC92. Hingga saat ini, terdapat 17 portofolio kandidat vaksin dalam COVAX Facility, dimana 8 diantaranya dalam tahap uji klinis pada manusia, termasuk vaksin AstraZaneca, Moderna, dan Novavax.



Videografis Terkait