Lihat Semua : infografis

Mengenal ALGIST, Alarm Gas Medis untuk RS Rujukan COVID-19

Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 249


Indonesiabaik.id - Hasil karya anak bangsa bernama ALGIST (Alarm Gas Medis Digital) dinilai bisa menjadi solusi produk inovasi bagi rumah sakit di Indonesia yang menjadi rujukan penanganan COVID-19, yaitu harus memiliki sistem instalasi sentral gas medis yang baik.

Algist merupakan sebuah sistem alarm inovatif terstandar yang mempunyai fitur deteksi gas tekanan tinggi, normal, dan rendah. Algist merupakan salah satu produk inovasi binaan program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PBBT) yang kini dikenal dengan Program Startup Inovasi Indonesia (SII).

Sebanyak 100 lebih rumah sakit di Indonesia telah menggunakan Alat Algist, terlebih RS rujukan pasien COVID-19.

Tahukah Kamu?

Bagi pasien COVID-19 yang sangat memerlukan oksigen tambahan untuk keperluan pernafasan, tekanan gas medis sebuah rumah sakit yang terlalu tinggi dapat membahayakan peralatan kesehatan yang ada, sedangkan, tekanan yang terlalu rendah dapat berbahaya bagi pasien yang membutuhkan gas medis. Untuk itu, Algist bekerja dengan mendeteksi tekanan gas medis sentral yang ada di rumah sakit.

Cara Kerja Algist yaitu menggunakan mikrokontroler sebagai pengolah data dari sensor tekanan, dan dilengkapi dengan buzzer sebagai keluaran bunyi ketika alarm menyala. Saat tekanan gas dalam kondisi tinggi, normal, sedang maka Algist akan muncul tanda; lampu merah pada tekanan tinggi; lampu hijau pada tekanan normal, dan; lampu kedip kuning pada tekanan rendah.



Infografis Terkait