Kompetisi Video Persatuan Indonesia

admin indonesiabaik , admin indonesiabaik

26 days ago



Sebagai negara dan bangsa yang besar, dengan banyaknya jumlah penduduk, pulau, suku bangsa, agama/kepercayaan, hingga bahasa daerah, persatuan menjadi hal yang sangat penting bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beragam perbedaaan tersebut dapat menjadi potensi, namun sekaligus merupakan tantangan hingga ancaman yang tidak ringan. Apalagi sebagai negara demokratis, di mana hak setiap warga negara untuk menyatakan pendapat dijamin oleh undang-undang, maka perbedaan pendapat setiap saat dapat mengemuka di ruang publik.

Namun sebenarnya demokrasi di Indonesia adalah demokrasi yang khas, di mana masyarakat Indonesia masih memiliki norma dan kearifan budaya yang luhur: gotong royong, tolong-menolong, tenggang rasa, serta banyak kerarifan lainnya dari tiap suku bangsa. Dan yang lebih utama, Indonesia memiliki Pancasila, dasar negara yang digali dari budaya dan kearifan masyarakat

Namun demikian, persatuan Indonesia tetap harus terus diupayakan oleh segenap unsur masyarakat Indonesia, kapanpun dan dimanapun. Apalagi bagi insan aparatur negara (ASN, TNI, POLRI). Aparatur negara perlu menjadi teladan di tengah masyarkat, yang menunjukkan sifat, ucapan, maupun perilaku yang mewujudkan semangat Persatuan Indonesia.

Hal-hal yang menunjukkan sifat dan sikap persatuan tersebut perlu terus dikemukakan sekaligus dipromosikan, agar dapat menjadi inspirasi sekaligus ajakan untuk berbuat yang sama. Hal inilah yang melatari program ini dijalankan, sebuah kompetisi video pendek tentang Persatuan Indonesia yang akan mencerminkan keseharian para aparatur negara dalam merawat persatuan.

 

Untuk mengakomodir usulan agar kompetisi ini juga dibuka untuk masyarakat non ASN, maka kompetisi ini ditambahkan kategori untuk umum, dan batas waktu pengumpulan diperpanjang hingga 30 November 2019.

 

Info selengkapanya kunjungi website Kompetisi Video Persatuan Indonesia di https://www.gprtv.id/kompetisivideo

 



Infografis Terkait