Defisit Transaksi Berjalan Membaik

Yuli Nurhanisah , Chyntia Devina

6 days ago



Indonesiabaik.id - Daya tahan fondasi ekonomi Indonesia ternyata cukup mampu menahan badai tsunami krisis global, terutama dampak perang dagang AS Vs Tiongkok. Indikator itu tergambarkan dari kinerja defisit neraca transaksi berjalan (CAD) selama kuartal III 2019 yang membaik.

Kinerja Defisit Transaksi Berjalan

Neraca defisit transaksi berjalan atau current account defisit (CAD) pada kuartal III 2019 tercatat sebesar USD7,7 miliar atau 2,7% dari  produk domestik bruto (PDB). Dibandingkan dengan defisit pada triwulan sebelumnya yang mencapai USD8,2 miliar atau 2,9% dari PDB, defisit yang terjadi kuartal III 2019 itu bisa ditekan.

Apa itu defisit transaksi berjalan atau CAD? CAD adalah kondisi keuangan negara dengan angka pertumbuhan impor yang lebih tinggi daripada angka pertumbuhan ekspor. Pencapaian ini merupakan sesuatu hal yang luar biasa, karena di tengah ketidakpastian ekonomi global akibat perang dagang dan konflik geopolitik, perekonomian Indonesia masih tetap tumbuh berkualitas dan stabil.

Faktor Ketahanan Ekonomi

Perbaikan kinerja transaksi berjalan itu, terutama ditopang oleh meningkatnya surplus neraca perdagangan barang. Perbaikan defisit transaksi berjalan yang menyempit itu ditopang oleh neraca perdagangan migas, terutama impor migas yang menurun sejalan dengan dampak positif kebijakan pengendalian impor.

Sementara itu, surplus neraca perdagangan nonmigas tercatat stabil di tengah perekonomian dunia yang melambat dan harga komoditas ekspor Indonesia yang menurun. Defisit neraca transaksi berjalan yang membaik juga didukung oleh penurunan defisit neraca pendapatan primer akibat pembayaran bunga utang luar negeri.

Dari gambaran kondisi itu juga direfleksikan di Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal III-2019 yang menunjukkan perbaikan dengan mencatat defisit USD46 juta, atau jauh lebih rendah dibandingkan dengan defisit pada kuartal sebelumnya yang sebesar USD2 miliar.



    Tag :
  • defisit transaksi berjalan
  • pertumbuhan ekonomi global
  • neraca transaksi berjalan
  • kinerja defisit transaksi berjalan
  • faktor ketahanan ekonomi
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait